Home » Greetings

Greetings

bue2

PPDU


PPDU (Program Perkuliahan Dasar dan Umum) Universitas Telkom adalah unit pelaksana akademik dengan tugas pokok membantu seluruh fakultas/program studi dalam koordinasi penyelenggaraan matakuliah-matakuliah dasar dan umum. PPDU merupakan unit yang bernaung di bawah Direktorat Akademik.

Perkuliahan Dasar dan Umum meliputi perkuliahan dasar dan umum di Tingkat I/Tahun Pertama, khususnya pada jenjang S1; dan perkuliahan untuk kurikulum matakuliah Universitas yang bersifat umum pada semua tingkat dan semua program studi pada jenjang S1 maupun D3/D4.

Struktur organisasi PPDU (Program Perkuliahan Dasar dan Umum) cukup sederhana. Program ini diketuai oleh seorang Ketua Program yang dibantu oleh Asisten Manager Perkuliahan Dasar Umum dan Asisten Manager Praktikum, Mentoring dan Geladi. Selain itu, PPDU juga didukung oleh beberapa staff/ Tenaga Penunjang Akademik.

PPDU mengkoordinasikan penyelenggaraan Geladi pada akhir tahun kedua perkuliahan, yaitu suatu program kurikuler yang dirancang untuk memberikan pengalaman kerja bagi mahasiswa yang telah lulus tingkat I melalui implementasi keilmuan dan keterampilan di dunia kerja.

Selain itu PPDU juga menyiapkan kegiatan mentoring bagi mahasiswa, yaitu kegiatan yang dirancang untuk membekali mahasiswa dengan materi-materi religi dan soft-skill. Terkait dengan pengembangan soft-skill, PPDU juga menyiapkan kegiatan pelatihan Mind-mapping atau pelatihan ESQ.

PPDU memberikan beberapa layanan administratif untuk mahasiswa, antara lain:

  1. Menerbitkan Transkrip Tingkat I Digital

PPDU menerbitkan Transkrip Tingkat I secara digital. Mahasiswa yang telah menyelesaikan seluruh matakuliah Tingkat I akan mendapatkan transkrip yang dapat diunduh secara online. Sebelum transkrip diterbitkan, mahasiswa dinyatakan lulus Tingkat I oleh Fakultas melalui Sidang Akademik pada setiap akhir semester.

  1. Jadwal Perkuliahan

Jadwal perkuliahan untuk Tingkat I disusun oleh PPDU dan akan diunggah secara online melalui sistem akademik Universitas Telkom (I-Gracias).

  1. Surat Pengantar

PPDU menerbitkan surat pengantar untuk Geladi yang dilakukan di luar PT. Telkom. Selain itu, mahasiswa Tingkat I yang memerlukan surat pengantar untuk penelitian, lomba maupun beasiswa bisa mendapatkannya ke PPDU dengan mengisi formulir yang telah disediakan dan menyerahkan dokumen penunjang.